Sabtu, 02 Juli 2011

Test Kesehatan 1 Akpol 2010

Test kesehatan dalam pendaftaran Akpol dibagi menjadi 2, pada kesempatan kali ini yang dibahas test kesehatan 1 dulu karena secara urutan test pun demikian. Pada test kesehatan 1 ini meliputi kesehatan luar fisik, seperti mata (minus dan buta warna), gigi, THT, tekanan darah, postur tubuh, paru2, dan test yang paling berat menurut gw yaitu test bugil untuk mengetahui mengidap varikookel bagi laki2 ataupun keperawanan bagi perempuan (gw jadi curiga faktor ini yang membuat banyak banged cewek2 cantik yang ngelamar tapi menghilang di test berikutnya... :P ), dan diakhiri dengan test parade yaitu sejenis laporan ke komandan yang biasanya langsung ke kapolda / wakapolda, ketua panitia, dan 1 nya lagi lupa siapa... :D. Test kesehatan biasanya dinilai berdasarkan stakes (status kesehatan, 1-4) dimana 1 paling bagus dan 4 sangat parah.

Untuk test kesehatan mungkin bisa dibilang pasrah, karena memang hasilnya sesuai dengan kondisi kesehatan qta masing2. Namun bukan berarti tidak ada persiapan, karena walaupun mungkin pengaruhnya kecil ataupun malah tidak ada, tapi secara psikologis membuat kita lebih pede. Biasanya test kesehatan menggunakan kaos oblong putih dan celana pendek putih, persiapkan dan cari di pasar secepatnya karena mempengaruhi persiapan kita juga. Tapi walaupun pake kaos dan celana pendek, saat datang tetap pake kemeja putih dan celana panjang hitam.

Yang paling penting dan bisa dipersiapkan dari jauh2 hari adalah kesehatan gigi, apabila banyak gigi yang bermasalah sebaiknya segera ditambal di dokter gigi atau dicabut apabila sudah tidak bisa diselamatkan. Pada test kesehatan gigi gw termasuk yang gatot, karena mendapatkan stakes 4... :D

Selanjutnya adalah mata. Apabila terkena buta warna mungkin agak berat untuk bisa lulus, namun utuk yang minus kurang dari 1 masih ada harapan. Sering2 makan wortel mentah setiap hari selama 3 bulan sebelum test, walaupun katanya gak ngaruh tapi minimal udah usaha dan waktu itu gw berhasil dapet stakes 2 untuk minus dan stakes 1 untuk buta warna.

Untuk test tekanan darah dan sebagainya mungkin yang penting cukup istirahat, dan jangan sampe deg2an. Sangat penting karena tekanan darah tergantung kondisi fisik kita saat itu. Gw saat itu dapet stakes 1.

Test THT yang diperiksa adalah tenggorokan dan telinga. Bersihkan telinga dan pastikan amandel tidak sedang bermasalah. Saat itu gw dapet stakes 1.

Untuk test postur tubuh tidak ada yang istimewa, cuma berat badan, tinggi badan sama lingkar dada. waktu itu gw dapat stakes 2.

Lalu test paru2 kalo gak salah cuma dada ditekan, dan di kasih alat yang buat ngedenger gitu terus disuruh napas normal (gak tau istilahnya apa). Persiapan gak ada, paling pastikan kita gak ngerokok... dan gak asma... waktu itu gw dapet stakes 1

Dan yang paling berat bagi gw adalah test bugil, dimana alat kelamin di pegang oleh dokter (laki2 koq, walaupun di beberapa kesempatan kata temen ada juga dokter ceweknya) dan di periksa varikookelnya... selain itu juga diperiksa beberapa bagian tubuh yang lain. Untuk ini pastikan tidak varikookel, varises, dan gunakan pakaian yang bersih (tengsin kan klo kotor... :P ). Pada test ini gw dapet stakes 3, padahal gak varises dan gak varikookel.

Test terakhirnya adalah parade. Qta disuruh baris, dan maju satu2 untuk laporan sama komandan. Pada saat ini adalah saat2 terpenting untuk "menjual diri". karena biasanya langsung ada kapolda yang notabenenya berpangkat tertinggi di polda. Pada saat itu yang gw lakukan adalah laporan dengan lantang tapi dengan nada biasa, jawab pertanyaan dengan tegas, dan yakinkan kapolda bahwa kita adalah calon yang berprospek (apabila sudah memiliki gelar, sebutkan nama lengkap disertai gelar).Saat ini gak tau stakes berapa, karena ga sempat ngeliat hasilnya... :D

Demikian penjelasan mengenai test kesehatan 1 Akpol 2010.

Tidak ada komentar: