Sabtu, 02 Juli 2011

Pantokhir Daerah Akpol 2010

Setelah seluruh test dinyatakan lulus, dan ijazah dinyatakan valid dan tidak palsu maka tahap selanjutnya adalah pantokhir daerah. Untuk pantokhir tidak ada persiapan khusus, kecuali datang tepat waktu, menggunakan kemeja putih dan celana panjang hitam, dan yang paling penting adalah DOA. Seluruh calon yang lulus dikumpulkan dalam 1 ruangan, dimana disitu pengumuman akan dilakukan.


Setiap calon diimbau untuk datang bersama orang tua masing2. Gw sendiri datang sendiri, karena tidak ingin menyulitkan orang tua saya. Saat pengumuman diumumkan berapa kuota yang didapatkan oleh polda untuk dikirim ke semarang untuk mengikuti test pusat. Saat itu terdapat 90 calon tersisa, dan ternyata kuota untuk Polda Jawa barat adalah 42 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

Penilaian adalah hasil dari keseluruhan test, diberi bobot yang berbeda (paling tinggi test akademik dan psikotest), dan diurutkan. Malapetaka terjadi (bused dah jadi lebay gini gw) dan gw gak masuk dari 42 orang itu karena memang test akademik dan psikotest yang merupakan sumber nilai terbesar gw kurang berhasil... T_T

Saat itu ada salah satu polisi berpangkat kombes yang mungkin simpati sama gw, dan gw diajak ikut ke ruangannya dan beliau berusaha membesarkan hati saya. Alhamdulillah gw bsia nerima keputusan tersebut, dan yang gw denger katanya gw masuk urutan 55 dari 90 orang tersebut.

Okeh kira2 itu lah petualangan gw mengikuti test akpol ini, apabila ada yang kurang (banyak, soalnya udah lupa... :P) mohon dimaapkan... :D

Tidak ada komentar: