Sabtu, 02 Juli 2011

Test Akademik Akpol 2010

Apabila dinyatakan lulus psikotest, maka test berikutnya adalah test akademik. Berdasarkan info yang saya dapatkan dari alumni akpol, dan beberapa sumber yang dapat dipercaya, test akademik akan disesuaikan dengan jurusan calon. Berhubung gw berasal dari S1 Teknik Informatika, maka gw persiapkan ilmu TI gw. Tapi ternyata itu SALAH!!! Karena ternyata soalnya disamakan dengan seluruh calon, yaitu Bahasa Inggris SMA, Bahasa Indonesia SMA, Pengetahuan umum, dan matematika SMA... Matilah ngerjain soal yang gak dipelajari selama 5 tahun, walaupun dulu mungkin lumayan bisa.

Semua test terdiri dari 100 soal, yang diselesaikan dalam 120 / 150 menit (lupa... :D). Persiapan yang harus dilakukan antara lain mencari informasi yang jelas test apa yang akan diuji, dan mempelajari semua itu minimal dalam waktu 3 bulan. Kenapa? karena tingkat kesulitan soal lumayan berat, dan waktu berbanding jumlah soal kurang masuk akal. Pada saat itu nilai minimal yang diambil adalah 45, sedangkan gw dapet nilai 57... (gila gak nyangka gw dapet nilai seancur ini... :D )

Selain persiapan materi, persiapkan juga non teknisnya seperti pulpen, pensil, penghapus, dan alat tulis lainnya. Ada 1 hal konyol yang gw temukan pada saat test ini, dimana ditangkapnya 1 orang joki yang denger2 anak I*B. Awalnya salah satu calon merasa sampingnya dia pada hari pertama dan ke 2 beda, dan dilaporkan ke panitia. Setelah ditangkap, test kembali dilanjutkan. Namun dari selentingan yang saya dengar, pada saat test ini terdapat banyak kecurangan. Antara lain panitia yang memberikan kertas kepada salah satu calon, panitia yang membisiki jawaban ke calon, dan lain sebagainya. Namun saya sendiri tidak menyadari hal tersebut, karena saya percaya dengan kemampuan diri sendiri, fokus, dan tidak mau terpengaruh lingkungan. Ingat konsentrasi sangat dibutuhkan.

Hasil test langsung diumumkan seteleah test hari ke 2, dan seluruh calon diwajibkan untuk melihat sendiri penilaiannya.

Tidak ada komentar: