Sabtu, 02 Juli 2011

Test Akpol 2010

Oke, walaupun telat kali ini gw mao sharing pengalaman gw waktu ngikutin test Akpol 2010 di Polda Jabar. Sebagai info test yang diujikan antara lain :
  1. Test rikmin (pemeriksaan admnistrasi)
  2. Test Kesehatan 1
  3. Psikotest
  4. Test Akademis
  5. Test Kesehatan 2
  6. Test postur dan samapta
Setelah itu semua dikumpulkan dalam 1 ruangan dan diumumkan siapa saja yang berhak untuk mengikuti test di tingkat pusat, dimana test di tingkat pusat hampir sama dengan test yang ada di setiap polda. Sebenernya diantara test2 tersebut terdapat beberapa kali kegiatan, seperti briefing untuk test selanjutnya. Mungkin ada yang salah dari urutan di atas, udah setaun baru ditulis soalnya... :D

Mengenai persiapan untuk mengikuti akpol, sebaiknya dilakukan 6 bulan sebelum test dimulai. Gw sendiri sih persiapannya cuma 3 bulan dikarenakan rasa malas yang amat sangad terasa kesibukan kantor yang cukup parah. Sebenernya sih persiapannya waktu itu kurang, karena cuma persiapan fisik (latihan pull up, push up, sama sit up), yang kurang adalah lari karena males bangun pagi salah perhitungan, dulu waktu SMP sering latihan lari sedangkan untuk otot agak kurang.

Untuk test yang lain malah gak ada persiapan sama sekali, karena kurangnya informasi yang gw dapet... selain itu juga belom pengalaman ikut test seperti ini. Untuk detail per testnya bisa di baca di postingan lainnya, beserta ditambahkan trik2 yang bisa dipake... :D

Yang terpenting dalam setiap test adalah selalu gunakan kemeja putih, celana panjang hitam, dan sepatu kecuali ada intruksi lain. Datang tepat waktu dan ikuti semua petunjuk, karena dari situlah dapat dinilai anda pantas atau tidak menjadi anggota polri.

Tidak ada komentar: