Senin, 13 Februari 2012

Touring Surabaya - Bali - Lombok 20/1/2012 - 2/2/2012 part 3 (Perjalanan ke Lombok)

Sesuai keterangan pada postingan sebelomnya, pada tanggal 23/1/2012 pada pukul 7:00 gw sama bro Dhani akan melanjutkan perjalanan ke Lombok. Berhubung belom ada makanan, akhirnya diputuskan mencari makanan di jalan aja. Pukul 7:40 pada km 936 nyampe deh kita di warung makan Rawon Soponyono Sidoarjo, makan dulu rawon yang rasanya cukup khas berselera, tapi kita ga duduk bersila :D

Setelah makan, sesuai petunjuk dari bro Ali Fikri, kita melewati jalur yang disarankan. Pukul 9:30 pada km 994,5 kita nyampe di pom bensin daerah Probolinggo. Disini gw ngisi bensin dulu 30ribu, ga sempet istirahat lama cuma ke toilet aja, perjalanan dilanjutkan. Yang lucu pada pukul 10:00 pada km 1009,8 di pertigaan Situbondo - Jember, gw sempet adu debat sama bro Dhani tentang rute. Seinget gw bro Ali Fikri bilang kita lewat utara terus aja, bro Dhani pengennya lewat Jember. Akhirnya bener tuh lewat situbondo, ditambah waktu kita debat ternyata diperhatikan sama temen2 dari HMT (Himpunan Motor Tua Denpasar) yang baru aja pulang touring, katanya mendingan lewat situbondo aja jalannya lebih enak. Setelah sharing sebentar dengan rekan2 HMT, perjalanan dilanjutkan lewat situbondo. Denger2 salah satu brother dari HMT yang paling tua udah keliling Indonesia lho pake motornya :D

Perjalanan selanjutnya nyaris tanpa hambatan lagi, speed agak santai karena salah perhitungan, tau gitu gaspol aja biar ga kemaleman di jalan. Pukul 11:30 kita udah nyampe di pembangkit listrik daerah Paiton, viewnya keren nih buat foto2, akhirnya naluri bernarsis2an keluar dan foto2 dulu di sini :D

Abis foto2 lanjut deh perjalanan. Sempet mampir di pom bensin ga inget namanya, yang jelas lumayan gede tuh pom bensinnya, ampe ada hotel segala. CMIIW. Perjalanan belom lama dilanjutin ternyata perut udah gak mau diajak kompromi, akhirnya pukul 13:30, pada km 1085 nyari deh warung makan remang2 di pinggir jalan yang ternyata posisinya di pinggir pantai booo...

Kelar makan diputuskan langsung gaspol ampe ketapang apapun yang terjadi, walaupun hujan badai target nyampe ketapang secepatnya *lebay* gara2 baru nyadar ternyata terjadi salah perhitungan jadwal. Akhirnya nyampe juga di ketapang pada pukul 17:00 pada km 1215. Sebelom nyebrang nyari bengkel dulu buat ganti oli, soalnya kondisi motor udah mulai ga enak, dan takutnya setelah nyebrang ga ada bengkel yang masih buka (dan bener lho nyampe sana udah gelap dan ga ada bengkel lagi yang buka). Abis ganti oli dalam kondisi ujan2an, langsung deh nyebrang ke gilimanuk bali, sayang jadinya ga bisa foto2 di kapal...

Penting : Sejak tiba di Bali, waktu mengikuti waktu sana, yaitu WITA

Nyampe bali udah jam 19:00 (WITA) kondisi nyebelin banged, udah gelap, lampu penerangan minim banged, jalanan HANCUR, dan banyak banget truk lambat banget jalannya. Akhirnya pukul 20:00 berhenti dulu di Negara buat makan pecel lele.  Disini tercetus sebuah pernyataan yang sedikit mematahkan harapan, bro Dhani bilang "bro kayanya gw ga kuat klo lanjut ke lombok, kita istirahat dulu yak di denpasar, liat besok masih kuat/ga". Ya udah akhirnya perjalanan dilanjutkan perlahan, dan berhenti lagi di pom bensin sebelum tabanan, macan gw diisi bensin 30ribu dulu. Perjalanan kembali dilanjutkan perlahan hingga bertemu dengan bro dari Bali Tiger Club (BTC). Akhirnya bro Dhani ngikutin mereka, dan gw tembak lampu dari belakang biar agak terang. Belum lama mereka nyuruh minggir, kirain kenapa ga taunya mereka malah nyulik ke sekretariat mereka di Denpasar.

Nyampe sekre BTC sekitar pukul 23:00, ternyata di sekre banyak banged orangnya. Tadinya mau numpang istirahat disitu gak jadi, ga enak juga ngerepotin mereka. Gak lama disana tenyata disuguhin nasi goreng, asli enak banget tu nasi goreng. Abis makan bro Dhani nanya ke bro Lucky dari Petic "bro, hotel murah disini dimana yak?" yang dijawab dengan "ntar ikut gw, hotel tempat gw cuma 75ribu semalem", akhirnya dianterin lah kita ke hotel meier (kalo ga salah), ternyata disana karena udah tengah malem, ditembak dah harganya jadi 105ribu. Berhubung bro Dhani udah kecapean ya udah diambil lah kamar di hotel itu.

Besoknya kita ngabarin Bunda Puji yang lagi di tempat anaknya, sist Galuh yang kerja di Denpasar. Setelah nyari2 alamat, nyasar ga keruan akhirnya nyampe deh di kostnya Galuh pukul 9:20 km 1336,5. Disana agak ngeri juga sama anjingnya, heran di Bali anjing gede2 keker2 berkeliaran gitu aja, akhirnya disana cerita panjang lebar tentang perjalanan dan rencana mau nyebrang ke Lombok. Sambil ngobrol ternyata Bunda udah masak, dan akhirnya makan gratis deh kita :D. Ternyata Bunda juga nelpon rekan2 dari Komitment (komunitas motor item mentereng Lombok), dan kita akan dikondisikan oleh mereka selama di Lombok.

Dengan modal naked nekad akhirnya kita jalan ke padang bai tanpa tau jalan, dan hebatnya pukul 12:10 km 1393,9 nyampe lho di padang bai!!! tanpa nyasar, tanpa puter balik, tanpa nanya (nanya sih sekali :D ). Setelah masuk dengan PD nya bro Dhani turun dari motor dan masuk ke loket penjualan tiket, padahal udah gw bilang klo bawa kendaraan loketnya bukan disitu, akhirnye doi keluar lagi sambil bilang loketnya yang itu buat orang, motor di depan lagi... Setelah beli tiket yang harganya  luar biasa murah ampe tiap hari beli pun mampu agak mahal, nunggu deh nyebrang ke lombok.

Perjalanan nyebrang cukup menyenangkan, kapal yang ditumpangi pun cukup nyaman, ada bule sexy, ber AC, dan gelombang laut pun gak terlalu besar. Nyampe Lombok ternyata cukup lama, sekitar 4 jam.

Setelah menunggu sejenak, dan bertemu rekan dari HBRC Lombok, rombongan dari Komitment tiba di lembar. Dari sana langsung diculik ke kost putri yang dimiliki oleh bro Galing, dan kita dikondisikan di sana. Manteb brads di kost putri!!! Tiba di kost tersebut pukul 18:28 pada km 1412,9.