Senin, 13 Februari 2012

Touring Surabaya - Bali - Lombok 20/1/2012 - 2/2/2012 part 1 (keberangkatan ke Surabaya)

Disaat keinginan untuk nyobain touring jauh udah di ubun2, ditambah dengan dibatalkannya cuti pada november 2011 secara sepihak, bagaikan mendapat angin surga bisa mengambil cuti panjang di awal tahun 2012 ini. Berawal dari pertanyaan Bro Dhani "pantun" yang nanyain "enaknya kalo punya cuti 10 hari jalan kemana ya?" dan langsung gw respon dengan jawaban "gw juga punya cuti 10 hari nih, bali aja gimana?", maka terpakai lah langsung jatah cuti 10 hari yang dijanjikan oleh bos gw untuk diambil di tahun 2012 ini...

Setelah nego tanggal yang enak buat jalan, ditetapkan cuti diambil tanggal 24 januari 2012 - 6 februari 2012 sehingga dapat libur sebanyak 17 hari, waktu yang ga sedikit untuk dihabiskan mengaspal ke arah timur Indonesia. Awalnya sih semangat buat touring sejauh mungkin, sampai tercetus labuan bajo, walaupun target minimalnya seenggaknya nyampe bali lah :D


Setelah cuti didapatkan, saatnya membahas tentang keberangkatan. Berawal dari janji tikum di mc.d kalimalang jam 21:00 WIB (Waktu Indonesia Bagian Bikers) , maka gw stand by dari jam 9 malem tepat, walaupun belom kelar nge blue tooth musik2 yang mau didengerin sepanjang perjalanan ke HP, dan ternyata sesuai prediksi bro dhani baru dateng jam 22:00 dalam kondisi tanki bensin kosong...

Saat mau berangkat segala catatan dimulai, tanki bensin dibuat full dan oddometer dibuat dalam posisi 0km untuk memudahkan penghitungan perjalanan. Awalnya perjalanan relatif lancar agak tersendat karena week end dan orang2 baru pada pulang, ditambah dengan demo buruh yang ga tau deh ngaruh kaga ke perjalanan karena kondisi lalu lintas cenderung padat di km2 awal perjalanan. Saat meninggalkan Cikarang perjalanan relatif lancar, namun terjadi kemacetan nyaris total mulai km 75-80 dari perjalanan kami yang disebabkan ada truk mogok. Setelah melewati titik kemacetan, bro dhani mengalami perut ban kempes sehingga mencari tukang tambah ban dulu baru perjalanan dilanjutkan, dan mulai beristirahat di pom bensin Patrol, ketika oddometer menunjukan km 148,9 pada pukul 1:40 (sudah memasuki tanggal 21/1/2012).

Setelah ngeganyang roti dan minum secukupnya perjalanan dilanjutkan, kali ini lalu lintas sangat lancar sehingga menambah semangat kami untuk menaklukan jalur pantura dengan target subuh sudah masuk brebes untuk istirahat. Tapi ternyata karena terlalu bersemangat ketika masuk brebes ternyata baru pukul 4:10 dan oddometer menunjukan 264,2km, sehingga terpaksa perjalanan dilanjutkan tanpa istirahat dan ternyata pada saat subuh kami sudah berhasil mencapai tegal, tepatnya pada pukul 4:55 dan 291km.

Setelah shalat subuh bro dhani tidur ampe digimanain juga kaga mau bangun sementara gw ga ada ngantuk2nya, yang ada perut mulai berontak tanda pagi sudah mau tiba. Saat mau ke toilet ternyata malapetaka terjadi, yaitu toilet pom bensin MAMPET semua. Setelah muter otak akhirnya diputuskan numpang menyalurkan hasrat di warteg terdekat, dan ternyata toiletnya seperti ini :


Kondisi pintunya dari triplek, sangat pendek kira2 cuma sedengkul gw deh, mana posisinya diluar rumah lagi dan airnya cuma ada seember item, yang biasa dipake orang buat bawa semen. Tapi berhubung kondisi sudah sangat darurat, kepaksa dilakukan gerakan kilat yang penting lega.... Setelah agak terang bro dhani dibangunin, dan kita pun makan di warung tegal yang asli tegal (baru x ini nyobain warteg asli tegal lho :D). Setelah perut kenyang kita pun foto2 sejenak

Setelah perut kenyang, ternyata tanki bensin gw mulai kosong, sekalian aja isi premium 35ribu di SPBU ini biar ga ribet nyari2 pom lagi. Baru jalan beberapa menit ternyata kami bertemu temen2 yang mau ke Dieng, antara lain bro achi, bro adi, bro panji, bro lember, dan lain2. Kepaksa mampir dulu walaupun baru aja jalan bentar, dan dapet saran dari bro lember untuk lewat utara terus. Setelah berpisah dengan rombongan tersebut kami melanjutkan perjalanan, dan mulai beristirahat di pom bensin antara batang - alas roban pukul 9:15 dan km 374,6.Di pom bensin ini kita gak lama2, gak nyampe 10 menit karena semangat masih besar, dan paling demen waktu ada yang nanya "mau kemana mas?" "mau ke lombok pak, iseng2..." "hah???"


Paling demen bikin orang kaget dengan aksi naked nekad ini. Setelah 1 keluarga dibuat kaget perjalanan dilanjutkan, tanpa ada masalah yang berarti kami masuk ke semarang pada pukul 10:50 dan km 443,5, berhenti sejenak di pom bensin samping terminal semarang untuk membahas rencana makan siang dan rute yang akan ditempuh.


Setelah rute dan target makan siang disepakati, kita mulai "bertempur" dengan kemacetan kota semarang dalam kondisi ga tau jalan. Baru jalan beberapa km kita disapa oleh member HCST semarang (belakangan nama menjadi tidak diketahui karena seinget gw namanya bro idoey, tapi bro dhani ingetnya namanya bro joey). Iseng nanya jalan eh ternyata dia gak mau jawab, cuma bilang "ok, ikut gw...". Wah perjalanan seru nih karena dikawan bro dari HCST Semarang, yang kebetulan ternyata anggota polisi, dan style motornya pun keren, knalpotnya aja kanan kiri. Ternyata rute yang dilewati bebas dari kemacetan, cuma agak padet dikit dan panasnya ampun2an. Ga nyangka bro tersebut nganterinnya jauh juga, udah ampe keluar Demak, udah arah2 menuju Kudus. Thanks a lot bro, salam brotherhood udah nganterin sejauh ini padahal baru pulang dinas. (sayang sekali ga sempet foto2... T_T ).

Yang seru lagi setelah berpisah dengan bro HCST, perut gw sama bro Dhani sama2 laper ternyata, akhirnya ada warung terdekat kita makan siang dulu pada pukul 13:30, km 493. Dilihat dari tempatnya kayanya warungnya kurang laku, ditambah cerita dari ibu pemilik warung yang bilang warungnya kurang laku sejak jalan di cor sehingga berdebu, dan ternyata disinilah gw nyobain minum teh botol kadaluarsa... Untung ga kenapa2, belom lama juga sih kadaluarsanya, dan untung bandeng gorengnya enak (ga tau enak beneran/laper) (gambar dikecilin untuk sensor nama warungnya)


Setelah makan ternyata ujan turun dengan sangat deras, diputuskan pake jas hujan agar perjalanan bisa dilanjutkan. Perjalanan relatif lancar tanpa hambatan berarti, sehingga pukul 15:30 pada km 570,1 sudah sampe pom bensin daerah Rembang. Setelah calling pakde gw yang di Surabaya, menginformasikan bahwa kita udah nyampe rembang dan akan menginap disana, dan mengisi bensin sebanyak 45ribu, perjalanan dilanjutkan. Baru jalan sekitar 20km, ternyata pemandangan sangat indah, dan perjalanan sangat menyenangkan. Mau liat? silakan lihat dibawah ini :


Gokil!!! jalannya enak banget... Mulus kaya paha aura kasih, lurus, sepi, sepanjang jalan ada pantai, kira2 pukul 16:30 pada km 599 nih tempat. Agak lama foto2 disini, maglum norak :D akhirnya perjalanan dilanjutkan. Tapi lagi2 gak lama kita berhenti lagi untuk foto2, x ini di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, kira2 pukul 17:15 pada km 621,4.

Lewat perbatasan ini jalanan mulai hancur, beda banget lah sama jalan sebelomnya. Selain itu hujan mulai turun dan gelap mulai melanda. Istirahat selanjutnya sekitar pukul 18:00 di ga tau dimana kayanya sih udah masuk tuban, km 662, yang jelas air toilet pom bensinnya asin T_T.

Setelah itu istirahat sebentar makan pecel lele, perjalanan dilanjutkan tanpa berhenti2, soalnya takut kemaleman. Benar saja sampai Surabaya jam sudah menunjukan pukul 21:00, dan belum sampai TKP. Setelah nyasar ga keruan, akhirnya pada pukul 23:30 pada km 796,9 tibalah kita di TKP, rumah pakde gw di komplek permata juanda surabaya. Tanpa mandi, tanpa ngapa2in langsung tidoooorrrrrrrrrrr..............

1 hal menarik yang sudah dilaporkan ke ketum HSX, bro dhani tidur ga pake baju, ngoroknye kenceng pula... T_T

Tidak ada komentar: